free hit counter Syarat Dan Tabel Angsuran Kur Super Mikro Bri 2021 ‣ BahatiBook

Home Perbankan Syarat Dan Tabel Angsuran Kur Super Mikro Bri 2021

Syarat Dan Tabel Angsuran Kur Super Mikro Bri 2021

Tabel Angsuran KUR Super Mikro BRI – Sepanjang tahun 2021 ini, BRI sudah menargetkan penyaluran dana KUR sebanyak Rp 170 triliun. Jumlah ini, mengalami peningkatan sebesar Rp 30 triliun. Dengan total presentase peningkatan sekitar 21% lebih banyak dari tahun yang lalu. Lalu, apakah itu KUR Super Mikro BRI?

Tabel Angsuran KUR Super Mikro BRI

KUR Super Mikro ini merupakan skema pembiayaan KUR, dengan bunga 0 % dalam lama jangka waktunya selama 3 bulan. Kemudian, nantinya debitur ini akan membayar bunga KUR BRI secara konvensional yaitu sebesar 6% per bulannya. Buat kamu yang merupakan nasabah baru di KUR Super Mikro BRI ini, memiliki Plafon maksimal sebesar hRp.

Apalagi jika kamu baru saja mengalami PHK, Penerima program BLT, UMKM, BPUM, atau kamu memiliki usaha produktif yang sedang aktif, kamu bisa mendapat prioritas. Tahukah kamu, jika Pinjaman KUR Super Mikro dari BRI ini, telah menjadi opsi terbaik di tahun 2021 bagi pelaku UMKM yang sedang membutuhkan. Melalui produk ini, BRI memberikan modal usaha kepada pegiat UMKM ini dengan bunga kompetitif yaitu 6% per tahunnya.

Produk ini merupakan program dari pemerintah. Melalui Komite Kebijakan Pembiayaan untuk para pemilik UMKM, pemerintah sudah merubah beberapa kebijakan KUR, dengan tujuan untuk mempercepat laju Pemulihan Ekonomi Nasional sekarang ini. Salah satunya langkah yang diambil adalah dengan memberikan subsidi tambahan berupa bunga sebesar 3% selama enam bulan ke depannya.

Syarat Dan Tabel Angsuran Kur Super Mikro Bri 2021

KUR Super Mikro BRI

Selain itu, pemerintah sudah menambah subsidi bunga, dana untuk KUR di tahun 2021 ini juga ditingkatkan menjadi sebesar Rp 253 triliun. Dari tahun sebelumnya yang hanya mencapai kisaran Rp 190 triliun. Total Dana KUR BRI 2021 ini, sudah ditargetkan mencapai sebesar Rp 170 triliun dan sudah diprioritaskan bagi bagian mikro.

Target tersebut mengalami meningkatan sebesar Rp 30 triliun dari target penyaluran di tahun sebelumnya yang hanya diberikan dana sebesar Rp 140 triliun. Keseriusan BRI dalam meningkatkan jumlah target penyaluran Kredit Usaha Rakyat kecil di tahun 2021 ini sangat beralasan. Hal ini dikarenakan permintaan kredit yang terus mengalami peningakatan karena kemudahan syarat untuk mengajukan dana bantuan ini.

Selain itu, juga dikarenakan adanya kemudahan fasilitas platform digital untuk mengajukan KUR BRI melalui basis online. Dari data yang ada diketahui, jika sepanjang tahun 2020, BRI mampu menyalurkan dana KUR dengan total nominal sebesar Rp 125,62 triliun. Dengan total presentase mencapai 90% dari target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

 

Baca Juga: Ketahui Kelebihan Dan Kekurangan Tabungan BritAma Muda

 

Tabel Angsuran Kredit pinjaman Rakyat Super Mikro BRI di Tahun 2021. Berikut ini tabel angsuran KUR BRI di tahun 2021 yang dapat kamu simak :

Nah, sudah tau kan besaran angsuran KUR yang ditetapkan BRI? Sekarang mau tahu keunggulan KUR BRI Super Mikro ini? Yuk simak ulasannya !

Keunggulan-keunggulan KUR Super Mikro BRI Tahun 2021

  1. BRI memiliki Dana KUR Paling Besar untuk disalurkan jika dibandingkan Lembaga Penyalur KUR Lainnya

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, jika BRI ini terus mengalami kenaikan pengajuan KUR. Tahun 2021 ini saja sudah ditargetkan KUR tersalur sebesar Rp 170 triliun. Target tersebut sudah mengalami peningkatan dari target penyaluran KUR tahun 2020 lalu. Yang sebelumnya yang hanya sebesar Rp 140 triliun.

Jika dihitung-hitung, target tahun ini sudah meningkat sebesar 30 triliun. Angka yang fantastis jika dibanding lembaga penyalur KUR 2021 yang lain. Belum lagi jika di kalkulasi dari total alokasi dana KUR dari pemerintah pusat. BRI sudah memperoleh 60% sendiri, dari total keseluruhan dana yang ada.

Besarnya jatah yang dimiliki BRI membuka kesempatan lebar bari para penyaji KUR yang ada di BRI. Coba dipikirkan, jika alokasi dana untuk penyaluran KUR di BRI meningkat, maka jumlah debitur KUR juga meingkat bukan?

  1. Tempat Pengajuan KUR Super Mikro BRI ini, Tersebar Luas di Seluruh Tanah Air

Sebagai salah satu Bank terbesar di Indonesia, BRI tentu memiliki jaringan nasabah yang sudah tersebar secara luas di seluruh Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor keberhasilan BRI dalam menyalurkan Kredit Usaha Rakyat Mikro ini.

Dengan tersebar luasnya, unit BRI kamu yang ingin menjadi nasabah BRI, nantinya akan lebih mudah mendapat informasi, baik mengenai syarat pengajuan, tata caranya, dan juga tabel KUR BRI. Kamu dapat mengajukan KUR BRI ini di beberapa tempat. Mulai dari Kantornya langsung, teras BRI, Unit pembantu juga BRI Kapal.

Bahkan yang terbaru kamu dapat menikmati fitur pengajuan KUR BRI ini melalui online lho. Apalagi jika kamu adalah mitra Gojek
Grab, Tokopedia dan Shopee.

  1. Suku Bunga yang terbilang Rendah yaitu 6%.

Dalam KUR ini ada peraturan baru mengenai suku bunga yang ditetapkan. BRI sebagai salah satu Bank yang menyalurkan KUR inu tentu harua mengikutinya. Yang secara resmi mengalami penurunan dari bunga semula menjadi 6 % saja, per tanggal 1 januari tahun lalu.

Dengan adanya kebijakan baru tersebut, kamu sebagai debitur akan diuntungkan. Cicilanmu akan menjadi lebih ringan lho. Alasannya adanya penurunan suku bunga ini adalah karena adalah pemerintah memberi subsidi suku bunga KUR. Yang artinya sebagian bunga pinjamannya dibayarkan pemerintah.

  1. Penyaluran Kredit Usaha Rakyat atau KUR yang paling lengkap

Jika kamu membandingkannya dengan bank sejenis, BRI adalah penyalur Kredit Usaha Rakyat terlengkap yang sudah menyalurkan pembiayaan KUR Super Mikro, KUR Mikro, Ritel, juga KUR TKI. KUR Mikro dan KUR Kecil ini dapat digunakan untuk modal kerja dan juga investasi. Target penerimaannya adalah dari kalangan UMKM yang mempunyai usaha produktif.

Nah, untuk yang KUR TKI, nantinya dikhususkan pada calon Tenaga Kerja Indonesia sebagai modal penempatan kerja. Sekarang ini, plafon KUR Mikro BRI juga mengalami peningkatan dari Rp 25 juta menjadi Rp 50 juta per debiturnya.

Kamu juga harus tahu nih, kalau agunan KUR ini, ada dua jenis. Yaitu usaha terdanai dan agunan tambahan. Keduanya ditujukan kepada KUR yang berbeda. Ketentuan agunan tambahan ini hanya berlaku kepada KUR Ritel. Lalu untuk yang KUR Mikro dan KUR TKI tidak wajib dan tidak ada perikatan.

  1. Syarat dan Proses Pengajuan Mudah

Keunggulan-keunggulan yang ditawarkan oleh BRI memberikan nasabah banyak sekali keuntungan. Mulai dari ringannya suku bunga, syarat pengajuan yang mudah, serta cepat dalam pemprosesannya.

Nah, sebenarnya untuk persyaratan pengajuan KUR BRI 2021 ini betbeda-beda. Tergantung jenisnya yang kamu pilih dari ketiga jenis yang ada tadi. Ada jenis Mikro, Ritel, atau pembiayaan TKI. Tapi tenang saja, meskipun ada perbedaan syarat nya, namun kesemuanya tidak ada syarat yang akan memberatkan kamu yang mengajukan dana ini kok.

  1. Cara Pembayaran yang Mudah

Ada beberapa opsional yang dapat kamu lakukan untuk membayar angsuran ini nantinya. Kamu tinggal memilihnya sesuai kondisi kmau. Ada angsuran yang dilakukan secara langsung setor ke teller BRI. Atau kamu juga dapat membayarkannya lewat ATM sehingga lebih mudaj tak perlu mengantri ke kantor BRI.

 

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Nomor Rekening BRI Anda

 

  1. Memiliki SDM yang Profesional

BRI merupakan salah satu Bank yang memiliki kekuatan di kualitas Pegawainya yang profesional. Hal tersebut dapat kita lihat dari kinerja staf nya yang selalu bekerja keras dan giat dalam dedikasi di pekerjaannya. Oh iya, bahkan BRI ini juga di dukung dengan sistem jaringannya yang sudah canggih lho. Diketahui, BRI merupakan satu-satunya Bank di Tanah Air yang sudah memiliki Satelit Sendiri.

Pemerintah percaya bahwa UMKM ini nantinya, akan menjadi kontributor yang penting dalam perekonomian Indonesia, apalagi setelah pandemi Covid-19 ini. Untuk itu, pemerintah mengupayakan kebijakan yang terbaik untyk UMKM. Dengan mendorong perubahan kebijakan KUR yang lebih pro kepada masyarakyat atau pegiat UMKM.

Perubahan kebijakan KUR ini meliputi, Kebijakan KUR 2021 yang dukung Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dari dampak Covid-19, peningkatan dana KUR 2021 dari sebelumnya Rp 220 triliun menjadi Rp 253 triliun (peningkatan ini akan dilakukan hingga Rp 325 triliun tahun 2024), pemerintah menambah subsidi suku bunga KUR menjadi sebesar 3% selama kurun waktu 6 bulan ke depan (hingga Juni 2021)

Bagaimana? Tertarik dengan KUR? Yuk simak persyaratannya.

Persyaratan pengajuan KUR Mikro BRI 2021

KUR Mikro merupakan pinjaman modal usaha dengan suku bunga rendah, dan ditujukan untuk modal kerja serta investasi. Kredit Usaha Rakyat Mikro BRI ini memiliki tenor pembayaran paling lama yaitu 3 tahun (untuk modal kerja). Sedangkan untuk kredit investasi, memiliki tenor maksimum 5 tahun. Kamu juga akan diberikan Suku bunga KUR Mikro besarnya 6% per tahunnya.

Berikut ini adalah syarat-syarat pengajuan KUR di BRI:

  1. Individu atau perorangan yang mempunyai usaha produktif.
  2. Usia usaha tersebut minimal sudah berjalan 6 bulan.
  3. Tidak sedang mempunyai kredit di bank lain (kecuali KKB, KPR, dan Kartu Kredit)
  4. Mengisi dan melengkapi formulir pengajuan KUR dengan benar.
  5. Membawa serta persyaratan yang digunakan untuk pengajuan seperti, KTP, KK, serta memiliki Surat Izin Usaha.

Cara Pengajuan KUR Super Mikro BRI tahun 2021

Seperti yang sudah kami singgung tadi, bahwa BRI banyak memberikan kamu opsional kemudahannya. Untuk pengajuan KUR ini, kamu mempunyai Tiga opsi untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat BRI yang dapat kamu pilih. Berikut pemaparannya :

  1. Pengajuan Langsung

Pengajuan langsung ini, dapat kamu lakukan dengan datang ke kantor unit layanannya. Atau ke Unit pembantu, kamu juga bisa datang ke Teras BRI atau Teras BRI Kapal. Untuk mengetahui persyaratannya kamu bisa langsung menanyakan ke petugasnya.

Jika persyaratan untuk pengajuan telah terpenuhi, nantinya kamu dapat langsung mengajukan KUR Super Mikro ini ke BRI. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengisi formulir pengajuan secara lengkap dan benar. Setelahnya petugas yang menganalisis kelayakan usaha kamu.

Jika pengajuan KUR kamu disetujui, kamu akan mendapat info lebih lanjut dari staf BRI yang bersangkutan.

  1. Pengajuan Melalui Mantri BRI khusus KUR

Sudah tahu Matri BRI? Mantri BRI ini merupakan petugas dari BRI yang akan mencari debitur, melakukan survey di lapangan, serta melakukan analisis, juga memberikan rekomendasi terkait calon debitur.

Nantinya, kamu dapat menghubungi Mantri BRI untuk menanyakan informasi KUR ini. Atau mengajukan KUR Mikro BRI ini, sesuai ketentuan yang ada. Kamu juga akan calon dimintai untuk mengisi formulir pengajuan, serta memenuhi persyaratan untuk pengajuan KUR BRI sesuai jenis yang kamu pilih.

  1. Pengajuan KUR Mikro BRI secara Online

Seiring dengan berkembangnya teknologi, BRI juga mencoba menyesuaikan dengan kebiasaan baru masyarakat yang serba online. Apalagi masa pandemi seperti sekarang. Banyak orang yang enggan berkerumun di tempat umum.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyediakan layanan online. Sekarang kamu dapat mengajukan KUR ini secara Online melalui akses di www.kur.bri.co.id Selain itu, BRI juga bekerjasama Disamping itu BRI juga bekerjasama ecommerce yang ada di Indonesia. Seperti Grab, Gojek, serta Tokopedia dan Shoppe, untuk menyalurkan KUR kepada UMKM.

 

Lihat Ini Juga: Terbaru 8 Cara Mengatasi ATM BRI Terblokir Tanpa ke Bank

 

Nah mudah kan? Berikut langkah-langkah mudah Pengajuan KUR BRI online tahun 2021 yang dapat kamu ikuti :

  1. Kunjungi website BRI untuk produk ini, melalui www.kur.bri.co.id.
  2. Klik tombol “Ajukan Pinjaman KUR”.
  3. Lakukan pendaftaran di menu “Daftar Sekarang”.
  4. Lengkaplah isiannya (nama lengkap, email, password, lalu ulangi password tersebut).
  5. Baca dan pahami terlebih dahulu ketentuan layanan. Kemudian jika sudah paham, kamu bisa menyetujuinya dengan memberi tanda centang pada kotak yang tersedia.
  6. Klik tombol “Daftar”.
  7. Periksa email kamu, kemudian masukkan kode verifikasi yang kamu terima di email tadi. Lalu klik tombol Sumbit.
  8. Lengkapi profile kamu di menu Profile, lalu pilih Ubah Profile.
  9. Lengkapi juga jenis kelamin dan tanggal lahir kamu.
  10. Tekan tombol pilihan “Ajukan Pinjaman”. Letaknya ada di bawah alamat email kamu.
  11. Bacalah dan pahami syarat-syarat yang sudah ketentuan, kemudian jika setuju, pilihlah tombol pilihan “Ya”.
  12. Centang recaptcha yang ada.
  13. Lalu klik tombol “Setuju & Ajukan Pinjaman”.
  14. Lengkapi informasi umum yang ada (NIK, Nama Lengkap, Tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, status pernikahan, dan apa pekerjaan kamu).
  15. Isilah pilihan alamat lengkap sesuai yang tertulis di Kartu Tanda Penduduk milikmu.
  16. Isilah pilihan provinsi, kota, kecamatan, kelurahan, serta kode pos milikmu.
  17. Isi dan lengkapi alamat domisili atau pilih “saya tinggal sesuai dengan alamat KTP, email dan nomor telephone.
  18. Isi informasi lainnya yang tertera ya sampai akhir. Kemudian pilih “Selanjutnya”.
  19. Lalu Upload dokumen foto KTP, foto surat keterangan usaha, foto NPWP (Jika ada), foto selfie, serta foto toko/barang usaha yang kamu miliki, lalu klik tombol selanjutnya.
  20. Lengkapi data pengajuan lainnya yang tertera. Yaitu nomor pinjaman KUR yang diajukan, serta jangka tenor yang kamu pilih. Kemudian klik tombol “Ajukan”.
  21. Selesai. Kemudian kamu dapat melihat data dan status pinjaman KUR yang kamu ajukan dengan menekan tombol “Lanjutkan”.

Tips agar berhasil mengajukan KUR di Bank BRI 2021

  1. Pilihlah jenis KUR yang sesuai dengan kebutuhan kamu.
  2. Pastikan kamu sedang tidak meminjam di bank lain kecuali kredit konsumtif.
  3. Menyertaian lampiran dokumen persyaratan terbaru.
  4. Jangan lupa sertakan juga agunan tambahan.
  5. Selalulah komunikatif kepada petugas BRI yang bersangkutan.

Akhir Kata Topic Tabel Angsuran Kur Super Mikro Bri

Nah, itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan untuk kamu. Semoga bermanfaat ya teman. Dan terima kasih sudah berkenan membaca sampai akhir kata.

Tinggalkan komentar