free hit counter Ketahui Apa Fungsi Black Card? Tidak Sembarang Orang Memilikinya ‣ BahatiBook

Home Perbankan Ketahui Apa Fungsi Black Card? Tidak Sembarang Orang Memilikinya

Ketahui Apa Fungsi Black Card? Tidak Sembarang Orang Memilikinya

Hai sobat! Pasti kalian tidak asing kan dengan kata Black Card dan apa fungsinya? Mendengar namanya saja sudah terbayang betapa mewah dan elite kartu tersebut. Namun, apakah kalian tahu perbedaan kartu tersebut dengan karu-kartu yang lain?

Jangan salah kaprah dengan menganggap sama antara Black Card ini dengan kartu debit atau kredit platinum dari bank-bank yang umumnya juga berwarna hitam ya. Walaupun sama-sama berwarna hitam, namun keduanya jauh berbeda.

Ketahui Apa Fungsi Black Card? Tidak Sembarang Orang Memilikinya

Belakangan ini Black Card sedang viral di kalangan milenial karena sering diebut-sebut dalam konten aplikasi Tiktok. Lantas sebenarnya apa itu Black Card? Benarkah hanya orang-orang dari kalangan tertentu yang bisa memilikinya? Untuk menjawab rasa penasran kalian, simaklah penjelasan di bawah ini.

Mengenal Black Card : Apa Fungsinya dan apa yang membedakannya?

Katanya ada satu cara paling mudah untuk mengetes apakah seseorang benar-benar kaya atau tidak. Yaitu dengan menanyakan, apakah mereka memiliki kartu kredit Black Card? Kartu kredit yang didesain sangat elegan dengan warna hitam tersebut tidak semua orang bisa memilikinya. Orang-orang tertentu saja yang bisa memilikinya. Orang tersebut bahkan adalah orang yang memiliki kekayaan di atas rata-rata.

Black card atau kartu hitam dianggap sebagai simbol status sosial tertinggi saat ini. Karena pemilik  black card berasal  dari orang elit, miliarder, atau masuk jajaran orang terkaya di dunia. Karena hanya bisa dimiliki oleh segelintir orang di muka bumi, persetujuan untuk bisa memiliki black card juga membutuhkan biaya yang tidak kecil.

Baca Juga Ini: Cara Mendapatkan BCA Black Card Mudah Anti Ribet

Apa itu black card dan fungsinya

Black card sebetulnya merupakan sebuah kartu kredit yang dikeluarkan oleh American Express atau Amex dengan nama produk resmi American Express Centurion Card. Kartu ini pertama kali diterbitkan pada 1999 dan semakin eksis sampai sekarang.

Kartu ini biasanya banyak digunakan oleh orang-orang paling kaya di dunia dari berbagai profesi seperti pengusaha hingga selebritis. Oleh karena itu, black card disebut-sebut sebagai kartu pembayaran yang paling eksklusif yang hanya bisa dimiliki dan digunakan orang-orang dari kalangan tertentu.

Pemilik black card

Tidak semua orang dapat memiliki dan menggunakan Black Card. Walaupun hanya sebagai sebuah kartu pembayaran, black card hanya bisa dimiliki oleh orang-orang yang mendapatkan undangan ekslusif dari Amex. Atau dengan kata lain, apabila kamu tidak mendapatkan undangan/tawaran dari Amex, maka artinya kamu dianggap kurang layak memiliki black card.

Namun bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan black card. Kamu juga bisa mengajukan permintaan agar Amex mempertimbangkan untuk mengundang kamu sebagai pemegang black card. Peluang diundang oleh American Express bisa semakin besar apabila kamu tercatat sebagai pengguna kartu American Express lainnya. Kemudian kamu aktif menggunakan kartu Amex tersebut minimal selama 1 tahun.

Syarat lainnya yaitu apabila pengeluaran tahunanmu menggunakan kartu Amex minimal sebesar 250.000 dolar AS dan ada juga yang menyebut 450.000 dolar AS per tahun. Akan tetapi perlu diingat bahwa ketiga syarat tersebut masih sebatas perkiraan. Karena Amex memang tidak dipublikasikan secara resmi syarat pengajuan black card. Jadi meskipun kamu sudah memenuhi 3 syarat di atas, belum tentu Amex akan tertarik mengundangmu untuk jadi salah satu pemegang black card. Sabar yaa, masih ada kesempatan!

Biaya kepemilikan black card

Jangan anggap kepemilikan black card adalah gratis. Tentu saja tidak, kepemilikan black card tidaklah gratis. Bahkan jika kamu memilikinya, kamu diwajibkan membayarkan sejumlah uang dalam jumlah cukup besar sebagai konsekuensinya.

Dilansir dari Lifepal, pengguna black card akan dikenai biaya pendaftaran sebesar 250 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau setara Rp3,5 miliar dan biaya tahunan atau annual fee sebesar 2.500 dolar AS atau sekitar Rp35 juta. Nilai yang sangat fantastis bukan? Namun angka tersebut sebanding dengan fasilitas yang akan kamu dapat tentunya.

Baca Juga: Apa Itu MPIN Mandiri Online Dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Keuntungan pemilik black card

Biaya yang dikeluarkan untuk memiliki black card sangat mahal, tapi nilai tersebut akan sebanding dengan segudang keistimewaan yang dimilikinya. Statusnya yang eksklusif tentu memberikan dampak ekslusif juga bagi pemilik black card. Bahkan ada banyak sekali keuntungan yang bisa dirasakan oleh pemilik kartu.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan jika memiliki black card:

  • Mendapat 1 poin reward setiap penggunaaan black card yang bisa dimanfaatkan untuk pemesanan hotel atau pesawat.
  • Pelayanan akses VIP di bebagai event atau tempat. Seperti menonton konser di barisan terdepan atau tempat yang strategis.
  • Mendapatkan undangan khusus pada acara-acara kelas dunia
  • Mempunyai akses ruang tunggu di bandara dengan berbagai fasilitas lengkap dan mewah
  • Mendapatkan fasilitas penyewaan jet pribadi mewah
  • Mendapatkan diskon di berbagai hotel bintang lima di seluruh dunia
  • Mendapatkan akses sebagai tamu elit di sejumlah hotel mewah
  • Dapat menikmati kemewahan Centurion Lounge yang ada di sejumlah bandara international.

Jenis-jenis black card

Tidak hanya American Express Centurion Card. Mastercard juga menerbitkan jenis black card lainnya yang diberi nama The Mastercard Black Card. Namun, kedua jenis black card tersebut memiliki perbedaan sangat besar. Black card keluaran Amex adalah kartu kredit kelas atas yang hanya bisa dimiliki oleh kalangan khusus dan dibutuhkan undangan ekslusif untuk bisa memilikinya.

Sedangkan black card yang diterbitkan Mastercard adalah kartu kredit perjalanan kelas atas yang pengajuan kepemilikannya bisa dilakukan oleh siapa pun. Tingkatan black card yang diterbitan Mastercard sama seperti Platinum Card yang dikeluarkan oleh Amex. Biaya tahunannya pun tidak sebesar black card terbitan Amex yaitu hanya sebesar 495 dollar AS atau senilai Rp6,9 juta.

Akhir Kata

Nah, demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai black card dan berbagai keistimewaannya. Bagaimana, apakah kamu tertarik dan berkeinginan mempunyai black card ini? Jangan khawatir, karena tidak ada yang tak mungkin.

Oleh karena itu, selagi masih muda manfaatkan waktu kalian sebaik-baiknya ya. Bekerja keraslah, siapa tahu suatu saat kamu adalah pemegang black card berikutnya. Terimakasih telah mengikuti artikel bahatibook.com hingga akhir. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar