Home Pendidikan Jelaskan mekanisme pembagian kekuasaan yang dilaksanakan di Indonesia

Jelaskan mekanisme pembagian kekuasaan yang dilaksanakan di Indonesia

Terangkan proses pembagian kekuasaan yang dikerjakan di Indonesia ! Jawabnya: Pembagian kekuasaan di Indonesia terdiri dari dua sisi yakni pembagian kekuasaan Horizontal dan Vertikal.

Pembagian kekuasaan Horizontal ialah pembagian kekuasaan menurut peranan lembaga-lembaga tertentu. Yang memiliki arti pembagian ini pembagian kekuasaan negara dilaksanakan pada jenjang pemerintah pusat dan pemerintah wilayah.

Jelaskan mekanisme pembagian kekuasaan yang dilaksanakan di Indonesia
Mekanisme pembagian kekuasaan yang dilaksanakan di Indonesia

Secara horizontal pembagian kekuasaan pada pemerintah pusat terbagi dalam:

Kekuasaan Legislatif.
Kekuasaan Eksekutif.
Kekusaaan Yudikatif.
Kekuasaan Konstitutif.
Kekusaan Eksamintaif atau Inspektif.
Kekuasaan Moneter.

Pembagian kekusasaan Veritikal ialah pembagian kekuasaan berdasar jenjang dalam pemerintah. Pembagian ini berdasar azas Desentralisasi atau penyerahan kekusaaan dari pemerintah pusat ke pemerintah wilayah untuk atur atau mengurusi sendiri wilayahnya.

Kecuali masalah sebagai wewenang dari pemerintahan pusat, maka jadi kuasa dari pemerintahan pusat seperti politik luar negeri, pertahanan, keamanan, yustisi, agama, moneter dan pajak. Ini diterangkan dalam Pasal 18 ayat (5) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Maknanya pembagian pemerintah secara vertikal memiliki arti pembagian kekusaan berdasrkan tingkat pemerintah, dari pusat ke pemerintah wilayah provinisi, kota, kabupaten dan sebagainya.

Terangkan proses pembagian kekuasaan yang dikerjakan di Indonesia !

Pembagian kekusaaan di Indonesia berdasar UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dipisah jadi 2 yakni pembagian kekuasaan Horizontal dan Vertikal.

Pembagian kekusaan Horizontal, ialah pembagian kekuasaan pemerintah berdasar perannya dalam penyelenggaraan pemerintah. Yang terbagi dalam kekusaan Legislatif, Eksekutif, Yudikatif, Konstitutif, Eksaminatif, dan Moneter.
Pembagian kekuasaan Vertical, ialah pembagian kekuasaan berdasar jenjang pemerintah, berdasar azas desentralisasi, di mana pemerintahan pusat memberikan kuasa ke pemda untuk atur dan mengurusi sendiri wilayahnya. Yang terbagi dalam kekuasaan pemerintahan pusat, propinsi, kota, dan kabupaten.

Jawabnya

Terangkan proses pembagian kekuasaan yang dikerjakan di Indonesia
Pembagian kekuasaaan di negara Indoneisa berdasar UUD 1945, terbagi dalam 2 sisi yakni:

(1) Pembagian kekusaan Horizontal, ialah pembagian kekuasaan pemerintah berdasar perannya dalam menyelenggaraan pemerintah.

Terbagi dalam kekuasaan:
a) Kekusaaan legislatif untuk membuat undang-undang.
b) Kekusaaan Eksekutif untuk melakukan undang-undang.
c) Kekusaaan Yudikatif untuk menghakimi, menegakan hukum dan peradilan.
d) Kekuasaan Konstitutif untuk memutuskan dan mengganti undang-undang.
e) Kekuasaan Eksaminatif untuk pengecekan, pengendalian dan tanggung-jawab kekuangan negara.
f) Kekuasaan Moneter untuk memutuskan dan melakukan peraturan moneter / terkait dengan keuangan.

(2) Pembagian kekuasaan Vertical, ialah pembagian kekuasaan berdasar jenjang dalam pemerintah, sama sesuai azas desentralisasi, di mana pemerintahan pusat memberikan kuasa ke pemda untuk atur dan mengurusi sendiri wilayahnya. Yang terbagi dalam kekuasaan pemerintahan pusat, propinsi, kota, dan kabupaten.

Tinggalkan komentar