free hit counter Cara Mengurus Kartu Atm BCA Hilang Tanpa Ribet ‣ BahatiBook

Home Perbankan Cara Mengurus Kartu Atm BCA Hilang Tanpa Ribet

Cara Mengurus Kartu Atm BCA Hilang Tanpa Ribet

Cara Mengurus Kartu ATM BCA Hilang – Hai kawan! Apakah kamu pernah kamu berada pada situasi saat ingin menarik uang dari mesin ATM BCA, ternyata kartumu tidak ada di dompet? Atau apakah kamu pernah kehilangan kartu ATM BCA karena dompet kamu yang hilang?

Cara Mengurus Kartu Atm BCA Hilang Tanpa Ribet

Nampaknya kehilangan kartu ATM mungkin sudah menjadi hal umum yang sering terjadi. Hal tersebut disebabkan oleh faktoe ketidak hati-hatian atau karena faktor lupa karena kartu atm yang dengan ukuran kecil tersebut terselip.

Ketika dalam situasi tersebut kebanyakan orang pasti akan langsung merasa panik. Mengingat, barang tersebut adalah penting sebagai alat transaksi dan juga tempat kamu menyimpann sejumlah uang dalam bentuk digital.

Selain itu bayangan bahwa untuk mengurus kartu ATM BCA yang hilang pasti akan ribet dan membutuhkan proses lama akan muncul. Pada kenyataannya, proses mengurus ATM BCA hilang tidak sesulit dan seribet yang dibayangkan.

Kamu tidak perlu terlalu panik dan khawatir, karena hal itu akan membuat kamu menjadi lama berpikir. Lalu apa yang harus dilakukan?

Nah, pada artikel ini kami akan membahas bagaimana cara mengurus ATM BCA yang hilang. Apabila kamu mengalami sedang situasi di atas, maka langsung saja simak penjelasan berikut.

Cara Mengurus Kartu ATM BCA Hilang Mudah dan Cepat

Kebanyakan bank ternama di Indonesia pasti memberikan informasi valid tentang cara mengurus ATM yang hilang. Hal tersebut juga diterapkan oleh BCA selaku bank swasta terbesar di Indonesia.

Hal ini sebagai cara memenuhi kebutuhan nasabah, salah satunya dengan menghadirkan solusi ketika kamu mengalami kondisi kehilangan ATM.

Apabila kamu mengalami kehilangan ATM BCA baik karena lupa, terselip, tertelan mesin ATM, atau dompet hilang maka hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berpikir dan mengira.  Jangan terlalu panik karena hal tersebut justru akan membuat pikiranmu menjadii kalut.

 

Baca Juga: 13 Cara Menggunakan Token BCA Untuk Mempermudah Transaksi

 

Maka sebaiknya kamu mengira dan mengingat. Apabila sekiranya kartumu hilang di tempat umum dan ada orang lain yang dapat mengetahui PIN, maka langkah yang harus kamu lakukan adalah blokirlah secepatnya. Karena apabila sebelum diblokir sudah terjadi transaksi yang tidak wajar, itu akan dianggap kesalahanmu dan pihak bank tidak akan bertanggung-jawab.

Meskipun pada dasarnya jika ada seseorang yang menemukan kartu ATM kamu dan ingin mencoba menggunakannya tidak akan bisa karena dibutuhkan PIN ATM untuk dapat menggunakannya. Tetapi bisa saja dengan mencoba-coba pin atau dengan hal lain mereka bisa mendapatkan pin kmau. Oleh karena itu, perlu sekali untuk membuat pin yang tidak mudah ditebak oleh orang lain.

Akan tetapi, apabila sekiranya kartu kamu hilang di tempat aman karena mungkin kamu lupa menaruh, tidak akan ditemukan orang lain, kerahasiaan PIN kamu terjamin, atau kamu sedang butuh dana mendadak dan saat kamu kehilangan kartu adalah hari libur sehingga kamu tidak bisa mengurusnya segera, maka tidak ada salahnya ambil uangnya dahulu. Terlebih apabila tidak ada teman yang bisa memberi pinjaman sementara.

Kamu bisa memanfaatkan e-banking jika kamu sudah berlangganan. Kamu bisa mentransfer ke dompet digital, rekening kelurga, atau rekening sendiri yang lain. Namun Jika kamu benar-benar butuh uang cash secepatnya, BCA juga menyediakan layanan tarik tunai tanpa kartu. Jadi kamu tidak perlu khawatir ya. Namun setelah itu, langsung kembali pada tindakan awal yaitu blokir kartu kamu segera.

Lalu bagaimana cara memblokir kartu ATM BCA? Berkut kami jelaskan pula di bawah ini.

#Cara memblokir kartu ATM BCA

Berikut ini adalah beberapa pilihan cara untuk memblokir kartu ATM BCA :

1.      Melalui Halo BCA

Kamu bisa memblokir kartu ATM dengan cara menghubungi langsung HALO BCA dengan nomor telepon 1500888 kemudian sampaikan permasalah yang sedang kamu alami.

  1. Melalui internet banking

Kamu bisa memblokir kartu atm melalui internet banking apabila kamu sudah memiliki akun internet banking rekening BCA.

Caranya yaitu sebagai berikut :

  • login ke KlikBCA.
  • Pilih menu Administrasi
  • Kemudian pilih menu Blokir Kartu ATM.
  • Selanjutnya kamu perlu melakukan validasi seperti memasukan tanggal lahir dan PIN Internet Banking

3.      Melalui m-Banking

Cara lainnya yaitu apabila kamu menggunakan layanan m-Banking, maka kamu bisa memblokir kartu atm melalui fitur Blokir Kartu ATM. Caranya yaitu sebagai berikut :

  • masuk ke m-Banking pada handphonemu,
  • kemudian pilih menu m-Admin,
  • selanjutnya pilih menu Blokir Kartu ATM.

 

Lihat Ini: 11 Cara Mudah Transfer Dari Bank Bjb Ke Bank BCA

 

#Cara Mengurus Kartu ATM BCA yang Hilang

Setelah kartu ATM kamu telah berhasil diblokir dengan memanfaatkan salah satu diantara cara di atas, selanjutnya kamu harus mengurus kartu yang hilang secepatnya agar mendapatkan kartu baru.

Cara mengurus ATM BCA yang hilang yaitu sebagai berikut :

  1. Datanglah ke kantor BCA cabang terdekat dengan tempat tinggalmu dengan membawa KTP dan buku tabungan

Apabila KTP kamu tidak sesuai, atau buku tabunganmu hilang, maka kamu dapat membawa data diri lain dan kamu bisa bertanya kepada bagian cusomer service. Nantinya kamu akan mendapatkan informasi dari tentang bagaimana proses pengurusan ATM mu yang hilang dengan permasalahan yang sedang kamu hadapi.

  1. Kemudian bertanyalah kepada securitytentang prosedur cara mengurus ATM BCA yang hilang, karena bisa saja setiap kcp memiliki prosedur yang berbeda-beda
  2. Apabila kamu sudah paham dengan prosedurnya, maka ambillah nomor antrian dan tunggu sampai customer service memanggil nomor antrianmu
  3. Setelah berada di hadapan pertugas, ceritakan secara detail penyebab hilangnya atm kamu
  4. Selanjutnya pihak customer service akan memproses keluhanmu dengan melakukan verifikasi data atas kepemilikan sah rekening lama terlebih dulu. Verifikasi tersebut berupa pertanyaan, seputar tempat dan tanggal lahir, perkiraan saldo terakhir, serta nama ibu kandung
  5. Apabila semua pertanyaan sudah berhasil kamu jjawab dengan benar, maka petugas akan memberikan formulir untuk diisi wajib diberi materai serta tanda tangan nasabah
  6. Isilah formulir secara lengkap dan benar
  7. Setelah selesai mengisi formulir, kamu akan diminta untuk melakukan pembayaran atas pergantian kartu. Biayanya tergantung dari kartu ATM kamu gunakan di mana setiap jenis kartu mrmiliki biaya berbeda-beda. Rinciannya seperti ini.
  • Kartu ATM BCA Silver Rp10.000
  • Kartu ATM BCA Gold Rp15.000
  • Kartu ATM BCA Platinum Rp20.000
  1. Setelah semua proses selesai maka kamu akan mendapatkan kartu ATM baru yang siap kamu gunakan kembali. Berhati-hatilah agar kartumu tidak hilang kembali

Penutup

Bagaimana, Cukup mudah bukan cara mengurus ATM BCA yang hilang? Tidak sesulit yang kalian bayangkan bukan? Meski begitu tetaplah berhati-hati agar kamu tidak mengalami kehilangan kartu ATM BCA mu. Sekian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar