free hit counter Cara Memasukan Kartu ATM Ke Dalam Mesin ‣ BahatiBook

Home Perbankan Cara Memasukan Kartu ATM Ke Dalam Mesin

Cara Memasukan Kartu ATM Ke Dalam Mesin

Selamat datang teman-teman semua! Kamu sedang mencari tau cara memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ya? Tidak apa-apa jangan malu, walaupun ini bisa dikatakan hal yang sangat mudah dan simpel namun bagi kita pengguna baru tentu menjadi sedikit membingungkan kan.

Kamu tidak sendirian, saya sendiri pun pernah berada pada situasi tersebut kok. Pada saat first time saya ingin mengambil uang di mesin ATM sendirian, tanpa ditemani siapapun. Saya juga mencari tutorialnya lewat Internet.

Cara Memasukan Kartu ATM Ke Dalam Mesin

Bukan apa-apa, walaupun sebenarnya tinggal dimasukkan aja ke mesin ATM melalui tempat yang sudah disediakan, tetapi sebagai pengguna baru tentunya saya takut terjadi sesuatu pada kartu ATM saya, misalnya jika kartu sampai tertelan bagaimana? Nanti saya juga yang repot kan. Apakah kamu juga sama seperti saya haha?

Memasukan Kartu ATM

Terkadang ada pula orang yang sebenarnya sudah pernah mengambil uang di mesin ATM, namun karena mungkin terburu-buru atau sedang banyak antrian di belakang membuatnya menjadi gugup dan bingung sampai-sampai lupa posisi yang benar bagaimana. Pasti saat dalam situasi tersebut kamu membolak-balikkan kartumu beberapa kali kan? Saya juga sama, meskipun sekarang sudah sering kali mengambil uang di ATM, tetapi tetap saja saat mau memasukkan saya bolak-balik terlebih dahulu. Bener gak ya gini posisinya? Begitu pikir saya.

 

Simak Ini: Cara Ganti PIN Kartu ATM Pertama Kalinya Mudah Dan Cepat

 

Sebenarnya terdapat dua kemungkinan jika letak kartu ATM yang kamu masukkan salah, yang pertama kartumu akan dikeluarkan kembali oleh mesin atau bisa saja kartumu macet bahkan tertelan dalam mesin ATM. Beruntunglah kamu jika kartu ditolak karena terselamatkan oleh adanaya alat pendeteksi kartu saat validasi pada mesin ATM. Tapi jika kartu kamu sudah masuk tapi monitor ATM belum memunculkan menu baru, maka artinya kartumu macet/tertelan. Jika sudah begitu kamu harus mengurusnya di kantor cabang bank penerbit kartu ATM kamu ya.

Lalu sebenarnya gimana sih cara memasukkan kartu ATM yang benar agar bisa bertransaksi dengan mudah dan cepat. Benigi caranya, simak penjelasan di bawah ini ya!

Cara Memasukkan Kartu ke Mesim ATM dengan Posisi yang Tepat

  1. Pertama kamu harus memastikan bahwa posisi kartu ATM kamu benar, posisi yang tepat  memiliki ciri-ciri garis hitam terletak di bagian bawah di samping kanan kartu, kemudian logo bank terletak pada bagian atas di samping kanan kartu sedangkan logo jenis jaringan yang digunakan terletak di samping kiri kartu. Kamu juga harus memegang kartu dengan posisi vertikal ya, bukan horizontal. Siapa tahu saja kamu belum tau hehe.

2. Selanjutnya setelah kamu memastikan letak kartu kamu benar, masukkan kartu ATM ke mesin melalui tempat yang telah disediakan. Biasanya ada logo panah ke bawah atau kamu bisa melihat saja lubang yang ada di mesin ATM.

Apabila kamu masih juga bingung kamu bisa mencari dan melihat contohnya pada foto yang tertera di bawah lubang tempat memasukkan kartu. Namun biasanya tidak semua mesin ATM ada. Atau mungkin kamu juga bisa bertanya kepada petugas penjaga jika ada. Jangan malu ya! Oleh karena itu, sangat saya sarankan sebaiknya jika kamu baru pertama kali mengambil uang di mesin ATM mintalah ditemani oleh orang terdekatmu, bisa keluarga atau sahabatmu.

 

Lihat Ini: Cara Buka Rekening Saham BRI di Perusahaan Sekuritas

 

Ada satu persoalan lagi yang sering dilontarkan seputar cara memasukkan kartu ke dalam mesin ATM, yaitu Mengapa kartu ATM tidak mau masuk padahal posisi/letak sudah yakin tepat dan tidak salah? Biasanya karena mungkin magnetik strip (umumnya memiliki warna hitam) pada mesin ATM sudah rusak mungkin karena tergores jadi mesin ATM gagal mendeteksi kartumu. Atau mungkin karena masa berlaku ATM kamu sudah habis. Tetapi jika karena hal itu maka kartu akan tertelan.

Kesimpulan

Nah, demiakianlah kiranya mengenai informasi yang bisa kami sampakikan kali ini. Kesimpulannya kamu tidak perlu terlalu khawatir ya jika letak kartu yang kamu masukkan terbalik. Karena jika memang keadaan mesin ATM masih normal maka kartu kamu tidak akan terbaca oleh mesin dan akan otomatis keluar kembali. Jika kamu masih takut maka sebaiknya mintalah untuk ditemani oleh orang terdekat ya!

Terimakasih telah berkunjung pada artikel bahatibook.com, semoga bermanfaat untuk kita semua!

Tinggalkan komentar