free hit counter Cara Ganti PIN Kartu ATM Pertama Kalinya Mudah Dan Cepat ‣ BahatiBook

Home Perbankan Cara Ganti PIN Kartu ATM Pertama Kalinya Mudah Dan Cepat

Cara Ganti PIN Kartu ATM Pertama Kalinya Mudah Dan Cepat

Cara ganti PIN kartu ATM pertama kali, ini penting untuk diketahui oleh setiap orang. Mengapa? Tentu saja demi keamanan uang yang kamu simpan di bank. Sebagai seorang nasabah yang bijak jangan sampai kamu belum mengetahuinya ya.

Namun, sepertinya ini belum diterapkan oleh sebagian orang, karena dianggap sebagai suatu hal yang merepotkan. Kenyataannya memang begitu, walaupun sedikit menyulitkan karena kita harus mengingat pin baru, tapi ini memiliki tujuan yang sangat besar yaitu demi menghindari hal buruk terjadi pada tabunganmu.

Cara ganti PIN Kartu ATM Pertama Kalinya Mudah Dan Cepat

Karena dianggap agak menyusahkan, hal ini menjadi sedikit diabaikan sehingga masih banyak orang yang belum mengetahui caranya. Padahal langkah yang diperlukan tidak susah-susah banget kok. Setelah kamu mengetahui betapa pentingnya mengganti pin pertama kali dan terus berkala yang akan kami bahas di bawah ini, berjanjilah untuk langsung menerapkan caranya ya! Ini kami berikan demi kalian kok.

Langsung saja simak ulasan kami ini berikut ini ya!

Cara Mengganti PIN Kartu ATM Pertama Kali Sangat Gampang

Kartu ATM merupakan alat transaksi elektronik yang dapat digunakan untuk mengambil uang, transfer uang, dan transaksi penting lainnya dalam kehidupan sehari-hari. Transaksi dengan mesin ATM bisa dilakukan kapanpun selama 24 jam non stop. Untuk keamanan isi rekening, setiap kartu dilengkap dengan PIN (Personal Identification Number) terdiri dari 6 angka yang dibuat sendiri oleh setiap nasabah.

 

Simak Ini: Kode Bank HSBC Indonesia

 

PIN itu menjadi password/kata kunci untuk melindungi keamanan uang dan data informasi keuangan lainnya pada bank. Oleh karena itu pihak bank bahkan sudah mengkoarkan nasabahnya untuk mengganti PIN rutin dan berkala minimal sekali dalam 3 bulan.

Walaupun sudah dihimbau besar-besaran agaknya masih banyak orang yang melakukan hal ini. Sebenarnya saya paham apa yang kalian rasakan. Memang megubah PIN pada awalnya akan terasa tidak nyaman dan menmbulkan ketakutan jika malah lupa dengan PIN yang baru. Soal takut lupa itu masih bisa dipikirkan solusinya. Misalnya dengan membuat catatn kecil di tempat rahasia yang hanya kamu saja yang tau.

Tetapi sekali lagi mengganti PIN berkala lebih baik daridapa kamu menggunakan satu PIN dalam jangka waktu yang panjang tapi menghadirkan resiko yang kapan saja bisa datang tanpa kamu sadari. Resiko terbesar yang sedang mengancam apabila kamu tidak pernah mengganti PIN yaitu pembobolan uang dalam kartu ATM melalui mesin ATM ataupun melalui internet banking.

Jangan pernah kamu sepelekan, kejahatan dunia maya (cyber chrime) menjadi salah satu tindakan kriminal sebagai dampak negatif dari perkembangan teknologi yang semakin canggih. Ada banyak sekali modus kejahatan keuangan yang mengincar kartu ATM kamu. Ini juga tidak baru dialami satu atau dua orang saja, melainkan sudah banyak sekali kasus-kasus kejahatan siber akibat terlalu menyepelekan tindakan mengganti PIN. Bahkan kerugian yang disebabkan oleh kejahatan ini sangat besar sekali. Mengerikan sekali bukan? Tentu kita semua tidak ada yang mau mengalaminya.

Lalu apa saja sih kejahatan siber yang bisa dicegah dengan tindakan mengganti PIN ATM secara berkala ini? Simaklah penjelasan di bawah ini untuk menambah pengetahuan kamu ya.

Mengganti PIN ATM Secara Berkala agar Terhindar dari Kejahatan Cyber

Kami tidak bermaksud untuk menakut-nakuti kalian, tapi kejahatan ini nyata adanya. Pasti kalian juga sudah pernah melihat beritanya di televisi atau media sosial. Oleh karena itu, kita harus sebisa mungkin melakukan tindakan pencegahan dan melakukan upaya dengan berhati-hati dalam menggunakan kartu ATM.

Mengganti PIN ATM secara berkala dapat mencegahmu dari tindak kejahatan berikut ini :

  • Skimming

Apakah kata itu masih terdengar asing bagi kalian? Skimming merupakan tindakan mengambil informasi kartu ATM dengan jalan menyalin informasi yang ada pada strip magnetik kartu ATM dengan cara tidak legal. Kok bisa ya? Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya yaitu dengan cara meletakkan suatu alat bernama skimmer di dalam mesin ATM. Alat ini merupakan suatu alat yang dapat membaca dan merekam semua data yang ada di dalam kartu ATM yan digunakan bertransaksi pada mesin ATM. Keberadaan alat ini kebanyakan tidak akan disadari oleh pemakai mesin ATM, karena wujudnya yang sangat tipis dan kecil, membuatnya bisa ditempatkan di tempat tersembunyi dalam slot kartu sehingga tidak akan terlihat. Apalagi bagi orang awam yang belum pernah melihatnya.

Kekika kamu memasukkan kartu ATM ke dalam mesin ATM, maka secara otomatis alat terebut akan bekerja mencuri seluruh data. Selain memakai skimmer, oknum kriminal ini biasanya juga memasang kamera pengintai kecil di area seputar mesin ATM. Kamera ini digunakan untuk merekam kegiatan ketika nasabah mengetikkan angka PIN pada mesin ATM. Haduh membayangkannya saja sudah ngeri ya.

 

Lihat Ini: Tabel Angsuran Bank Mandiri Syariah Terbaru 2021

 

Pelaku tindak kriminal ini dapat membobol selanjutnya mengambil semua uang di dalam tabungan kamu dengan sangat mudah saat seluruh data dan PIN ATM sudah dikantongi. Sayangnya kartu ATM bank di Indonesia masih memakai pita magnetik sebagai media penyimpan data, dan belum ada yang menggunakan chip yang memiliki tingkat keamanan jauh lebih tinggi. Hal tersebut mengakibatkan pencurian data melalui kejahatan skimmer terhitung masih sulit untuk dicegah. Kartu ATM menjadi sangat beresiko mengalami tindakan skimming. Oleh karena itu, tetap selalu waspada ya guys.

  • Phishing

Tindakan kriminal apa lagikah ini? Nama-namanya memang terdengar asing ya. Phising ini merupakan tindakan kriminal secara online yang memiliki tujuan yang sama yaitu mencuri data-data pribadi individu. Data-data tersebut misalnya username, password, angka nomor rekening, PIN, CVV kartu kredit, bahkan hingga kode OTP.

Beragam teknik kejahatan ini bisa dilakukan, mulai dari phishing lewat media email, SMS, telepon, hingga pesan pada akun sosial media. Modus kejahatan yang sering dilakukan oleh oknum nakal ini seringkali sukses karena biasanya korban tidak akan sadar biasanya hanya dengan sekali klik pada link atau gambar data-data akan otomatis terekam. Ini jauh lebih mengerikan, maka sebaiknya berhati-hatilah saat mendapat pesan di media apapun dari orang yang tidak dikenal. Jangan asal mengklik tautan-tautan apapun yang dicantumkan. Itu sering dijadikan media untuk menjebakmu.

Prosedur Cara Ganti PIN di Mesin ATM

Setelah mengetahui berbagai tindak kejahatan yang bisa terjadi di atas, apakah kamu mulai berpikir untuk menggati PIN ATM mu secara berkala? Seharusnya pasti iya. Untuk kamu yang belum tahu caranya jangan risau. Kamu pasti dapat melakukannya dengan mudah setelah sekali membaca panduan yang akan kami berikan di bawah ini. Langkah ini dapat kamu lalukan dengan gratis loh!

Berikut ini adalah langkah mengubah PIN ATM Semua Rekening Bank :

  1. Siapkan kartu ATM kamu terlebih dahulu.

  2. Kemudian bersiaplah, datangi tempat yang tersedia mesin ATM sesuai jenis Bank nya yang paling dekat dengan posisimu. Apabila tidak ada yang sesuai maka kamu bisa mendatangi ATM apapun yang melayani ATM bersama. Ini biasanya ada logonya di mesinATM ya.

  3. Sebelum masuk pastikan kamu sudah mematuhi aturan yang ada ya, seperti tidak boleh memakai helm, jas hujan, ataupun membawa senjata tajam ke dalam ruang mesin ATM.

  4. Setelah itu masukkanlah kartu ATM ke dalam mesin. Patikan posisi yang kamu masukkan benar ya.

  5. Kemudian pilih bahasa sesuai yang kamu inginkan, boleh Indonesia juga Inggris.

  6. Lalu masukkanlah 6 digit PIN lama kamu, jangan gugup agar kamu tidak salah pencet. Pasalnya jika kamu salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka kartumu akan terblokir.

  7. Selanjutnya tab menu Pilihan Lainnya-> lalu pilih menu Ganti PIN.

  8. Lihatlah perintah pada monitor dan ketikkan PIN ATM kamu yang lama.

  9. Kemudian tunggu perintah untuk memasukkan PIN ATM kamu yang baru. Kamu harus memasukkan PIN ATM yang baru sebanyak 2 kali, satunya sebagai proses konfirmasi.

  10. PIN ATM kamu telah berhasil diganti. Pilih tidak apabila kamu tidak ingin melakukan transaksi yang lain.

 

Lihat Ini Juga: Cara Mengatasi Atm BNI Terblokir Tanpa Datang Ke Bank

 

Selain mengganti PIN yang dilakukan di mesin ATM, ganti PIN bisa dilakukan secara online melaui internet banking/mobile banking sesuai yang disediakan bank rekeningmu. Tapi cara ini khusus untuk kamu yang sudah terdaftar pada layanan ttersebut ya. Langkah menggantinya juga mudah kok, kamu hanya perlu login ke internet banking pada perangkat ponselmu, kemudian carilah menu untuk perbaharui PIN ATM dan kamu tinggal mengikuti langkah selanjutnya hingga selesai. Mudah bukan?

Penutup

Setelah mengetahui semua resiko tindakan kriminal dalam dunia perbankan yang dapat terjadi, maka kami mengharapkan kesadaran untuk mengganti PIN ATM akan tumbuh pada diri kalian setelah membaca ulasan yang kami berikan di atas. Bahkan tidak ada alasan lagi untuk tidak mengubah PIN secara berkala, semua ini demi keamanan dan kenyamanan kalian semua dalam bertransaksi.

Baik, demikianlah kiranya yang dapat kami team bahatibook.com sampaikan. Selalu waspada dan berhati-hatilah! Dan sampai jumpa lagi.

Tinggalkan komentar