free hit counter 13 Cara Menggunakan Token BCA Untuk Mempermudah Transaksi ‣ BahatiBook

Home Perbankan 13 Cara Menggunakan Token BCA Untuk Mempermudah Transaksi

13 Cara Menggunakan Token BCA Untuk Mempermudah Transaksi

Cara Menggunakan Token Bca – Hallo sobat pengguna layanan Bank BCA! Apakah kalian sudah tahu bahwa Bank BCA telah menyediakan perangkat pendukung sebagai keamanan transaksi via Klik BCA? Perangkat tersebut bernama Key BCA atau yang lebih akrab disebut Token BCA. Token BCA ini bisa kamu dapatkan melalui Kantor Cabang Bank BCA.

Aktivitas yang dapat kamu lakukan menggunakan token BCA seperti transfer uang, pembayaran tagihan, membeli pulsa elektronik, dan berbagai macam transaksi finansial lainnya.

13 Cara Menggunakan Token BCA Untuk Mempermudah Transaksi

Cara Menggunakan Token BCA. Mulai dari Mendapatkan PIN, Aktivasi Hingga Menggunakannya untuk Pertama Kali!

Berbicara tentang Token BCA, dari kalian masih banyak yang belum tahu cara menggunakan fasilitas tersebut. Oleh karena itu, pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap seputar Token BCA.

Untuk menggunakan Token BCA sebenarnya sangat mudah jika kamu sudah terbiasa. Belajar menggunakannya juga tidak butuh waktu sampai berhari-hari jika kamu punya keinginan yang kuat.

Alat Token BCA terlihat seperti kalkulator kecil, bahkan orang-orang yang tidak pernah melihatnya mungkin mengira Token BCA adalah kalkulator. Karena pada saat kita memasukkan angka, Token BCA secara otomatis akan memberikan respon ke situs KlikBCA.

Namun, Token BCA sebenarnya bukan memberikan rumus, melainkan jaringan internet yang secara langsung terhubung dengan rekening kita.

Sebelum masuk dalam inti pembahasan, perlu kamu diketahui untuk mendapatkan Token BCA kamu harus mengaktifkan layanan KlikBCA terlebih dahulu. Selain itu, kamu akan dikenakan biaya pembuatan Token BCA.

Baca Juga: Ini 3 Keuntungan Menabung Di Bank Bjb Yang Perlu Anda Ketahui

Proses pembayarannya dapat dilakukan melalui Teller ataupun potong saldo pada rekening BCA kalian. Kalian tidak perlu khawatir, biaya tersebut tidaklah mahal, hanya 10.000 rupiah saja. Kemudian setelah kamu menerima alat tersebut, kamu harus melakukan aktivasi terlebih dahulu.

Apa itu  Token BCA?

Token BCA/Key BCA merupakan suatu alat yang berfungsi untuk membuat token sebagai konfirmasi transaksi melalui internet banking BCA. Tanpa key BCA, kita tidak bisa melakukan transaksi finansial melalui internet banking BCA.
Cara kerja key BCA adalah saat kita ingin melakukan transaksi, internet banking akan meminta kita untuk melakukan konfirmasi dengan cara memasukkan beberapa kode yang digenerate lewat Token BCA.
Token BCA menggunakan baterai tanam, sama seperti baterai tanam pada telepon Android. Apabila token BCA kehabisan baterai, maka kita harus menukarkan Token BCA  yang lain di Kantor BCA terdekat.

Manfaat Menggunakan Key BCA Untuk Transaksi

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan setelah mengaktifkan Token BCA :

  • Lebih praktis karena layanan transaksi lengkap bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa harus datang ke kantor BCA cabang.
  • Lebih mudah karena akses dilakukan melalui PC atau smartphone untuk beragam transaksi perbankan.
  • Kemanan transaksi lebih terjamin, karena Perangkat Token BCA yang akan mengeluarkan password yang berbeda setiap kali kamu melakukan transaksi. Password tersebut hanya akan diberikan satu kali setiap kamu melakukan langkah transaksi tertentu, sehingga lebih sulit dipalsukan atau dibobol keamanannya.
  • Mencegah adanya peretas yang masuk dan menyalahgunakan isi rekening BCA.
  • Mengantisipasi adanya tindak penipuan dari website abal-abal.
  • Mendukung server Velis Authenticator.

Cara Mendapatkan Key BCA/Token BCA

Adapun syarat yang dibutuhkan untuk memeroleh Key BCA adalah sebagai berikut:

  • Mempunyai rekening Bank BCA; bisa rekening apapun baik Tahapan BCA, Tahapan Xpresi BCA, Tahapan Gold, atau jenis rekening BCA lainnya.
  • Melakukan registrasi layanan internet banking BCA yang bisa dilakukan melalui mesin ATM BCA atau dengan mendatangi langsung kantor cabang BCA terdekat tempat tinggal kamu.

Setelah mengaktifkan fitur KlikBCA ini pada akun kamu, kamu perlu mendatangi kantor cabang BCA untuk mendapatkan Key BCA. Utarakan keinginan kamu untuk memiliki token pada pihak bank. Dokumen yang kamu perlukan adalah KTP, buku tabungan, serta kartu Paspor BCA sebagai bukti bahwa kamu merupakan nasabah bank BCA dan benar memiliki rekening BCA.

Baca Juga: 11 Cara Mudah Transfer Dari Bank Bjb Ke Bank BCA

Kamu akan dikenakan biaya Rp10.000 untuk membuat atau membeli mesin Key BCA ini. Biaya tersebut dapat dipotong langsung dari saldo tabungan atau kamu bisa membayarnya secara tunai. Setelah mendapatkan keyBCA, langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan aktivasi KeyBCA.

Cara Membuat PIN KeyBCA

Apabila kamu baru pertama kali menggunakan keyBCA, langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah memiliki KeyBCA adalah membuat PIN KeyBCA. Berikut adalah caranya :

  • Tekan tombol merah pada alat keyBCA
  • Kemudian KeyBCA akan mengirim 8 Digit PIN melalui email kamu
  • Masukkanlah 8 Digit PIN tersebut ke KeyBCA
  • Setelah berhasil, silahkan buat PIN KeyBCA kamu sebanyak 6 Digit. PIN ini boleh sama dengan PIN ATM agar memudahkan kamu dalam memngingat.
  • Apabila berhasil, akan ada keterangan Appli di layar KeyBCA

Setelah membuat PIN KeyBCA, sekarang kamu bisa melakukan aktivasi supaya bisa menggunakan keyBCA untuk transfer, pembelian, ataupun pembayaran tagihan.

Melakukan Aktivasi KeyBCA Melalui Internet Banking

Bagi kamu yang belum tahu, berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan keyBCA :

  • Bukalah email yang kamu gunakan ketika mendaftar KeyBCA
  • Apabila sudah mendapatkan User ID, masuklah ke halaman Klik BCA : Internet Banking
  • Lemudian masuklah ke menu Individual
  • Loginlah dengan menggunakan UserID dan PIN internet banking yang kamu punya
  • Pilihlah menu Administrasi
  • Kemudian pilih menu Aktivasi KeyBCA
  • Masukkan 16 Digit Nomor ATM kamu
  • Setelah itu, masukkan Nomor Seri yang ada di belakang alat KeyBCA
  • Apabila sudah, Nyalakan Tombol Merah pada KeyBCA
  • Kemudian masukkan PIN KeyBCA yang sudah kamu buat
  • Apabila muncul kata APPLI, tekan Angka 1
  • Input nomor yang ada pada keyBCA ke kolom Respon KeyBCA Appli 1
  • Terakhir klik Kirim

Apabila aktivasi kamu telah berhasil, internet banking akan memberikan konfirmasi bahwa akun internet banking BCA kamu telah terhubung dengan KeyBCA dan siap untuk kamu gunakan ketika bertransaksi maupun membayar tagihan/transfer.

Cara Menggunakan Token BCA Untuk Transaksi

Cara Menggunakan Token BCA Untuk Transaksi

Bagaimana sih cara menggunakan Token BCA? Kami akan menggunakan Token BCA untuk transfer sesama via Internet Banking BCA sebagai contoh. Simaklah caranya beroikut ini :

  1. Bukalah Internet Banking BCA melaui HP kamu dan pilih menu Login Individual.
  2. Inputkan data Login pada kolom yang tersedia kemudian klik menu Transfer Dana.
  3. Setelah itu klik Daftar Rekening Tujuan -> Rekening BCA kemudian pilih Kirim dan tuliskan nomor rekening BCA yang dituju.
  4. Hidupkan Token BCAdengan cara menekan tombol segitiga di pojok kanan bawah.
  5. Karena pada halaman Klik BCA tertulis APPLY 2 makatekan angka 2 pada Key BCA.
  6. Setelah itu masukkan 8 digit nomoryang tertera di halaman Klik BCA ke Token BCA.
  7. Setelah muncul kodedari Token BCA, salin kode pada kolom RESPON KEY BCA APPLY 2 kemudian klik Lanjutkan.
  8. Pada tampilan berikutnya klik Kirim.
  9. Sekarang buka menu Transfer ke Rekening BCAdi sebalah kiri, lalu masukkan nominal uang yang akan kamu transfer.
  10. Tekan angka 2 lagi pada Key BCA dan salin kode yang ada di halaman Klik BCA, kemudian Key BCA akan menampilkan kode respon.
  11. Input kode tersebut pada kolom yang tersedia, kemudian klik Lanjutkanuntuk beralih ke proses berikutnya.
  12. Pencet angka 1pada Token BCA kemudian masukkan kode respon yang tertera di layar Token BCA kemudian klik Kirim.
  13. Terakhir klik Simpan saat muncul bukti transaksi transfer sesama BCA telah berhasil.

Tetap Berhati-Hati Dalam Menggunakan Token BCA

Dengan menggunakan Token BCA maka keamanan saat melakukan transfer menjadi maksimal. Namun, kita juga perlu berhati-hati saat menggunakan Token BCA. Kesalahan yang sering terjadi yaitu salah memasukkan angka baik itu angka respon ataupun pin. Apabila terjadi tiga kali kesalahan memasukkan angka pada alat Token BCA, maka rekening kita akan secara otomatis diblokir oleh pihak BCA.

Lihat ini: Biaya Transfer BJB Ke Bank Lain (BRI, Mandiri, Bca, Bni)

Apabila hal tersebut terjadi, jangan panik. Hubungilah Halo BCA dengan nomor 1500888 atau datang ke kantor cabang BCA terdekat untuk melakukan registrasi ulang. Apabila Key BCA kamu mengalami kerusakan atau hilang, kamu juga perlu membuat Key BCA baru dengan mendatangi kantor cabang BCA terdekat. Kamu juga harus menyiapkan kembali uang sejumlah Rp10.000 untuk menebus Token BCA baru.

Tips Menggunakan Token BCA

Walaupun simpel dan terjamin keamanannya, kamu tetap harus berhati-hati dalam memanfaatkan KlikBCA dan Token BCA ini. Berikut tips yang dapat kami berikan agar kamu tidak lalai dalam menggunakan Token BCA :

  • Matikan Key BCA kamu saat tidak digunakan atau selesai menggunakannya,.
  • Ingatlah user ID dan PIN kamu baik-baik, jangan menuliskannya di kertas atau di ponsel, dan jangan membagikan user ID serta PIN kepada orang lain.
  • Selalu waspada ketika menggunakan fasilitas KlikBCA, terutama saat kamu berada di tempat umum.
  • Gunakan komputer/ponsel pribadi ketika mengakses KlikBCA.

Beberapa Pertanyaan yang Sering Muncul Terkait Penggunaan Token BCA

  1. Berapa biaya transaksi dengan token BCA?

Jawab : Gratis.

  1. Apakah token bisa BCA bisa digunakan oleh orang lain?

Jawab : Tidak. Token hanya bisa digunakan oleh pemiliknya saja karena yang tahu nomor PIN dari perangkat tersebut hanya sang pemilik.

  1. Bagaimana cara menghapus angka yang salah ketik?

Jawab : Untuk menghapus angka yang salah ketik, kita bisa menekan tombol merah sebanyak kesalahan tulisan kita.

Bagaimana? Apakah kamu tertarik memiliki dan menggunakan Token BCA untuk transaksi via KlikBCA? Jika iya, langsung saja ikuti langkah-langkah yang telah kami berikan pada artikel ini. Terimakasih sudah mengunjungi artikel kami. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar