free hit counter 10 Cara Mengambil Uang di ATM BJB Aman ‣ BahatiBook

Home Perbankan 10 Cara Mengambil Uang di ATM BJB Aman

10 Cara Mengambil Uang di ATM BJB Aman

Cara Mengambil Uang di ATM BJB Saat ini mengambil uang di ATM menjadi rutinitas yang dilakukan oleh setiap orang secara berkala. Hal ini dibuktikan dengan mesin ATM yang tidak pernah sepi didatangi orang kecuali mengalami kerusakan atau habis uang. Meskipun sudah banyak Bank yang menerapkan pola transaksi secara cashless, tetapi kita masih memerlukan simpanan uang tunai di dalam dompet.

10 Cara Mengambil Uang di ATM BJB Aman

Karena tidak semua transaksi bisa dilakukan secara transfer. Contohnya seperti warung, pedagang kaki lima, dan lain sebagainya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana cara mengambil uang di ATM BJB dan tips mengambil uang secara aman. Bagi kamu yang penasaran, langsung saja simak ulasan berikut.

10 Cara Mengambil Uang di ATM BJB & Tips Mengambil Uang di ATM Aman 2021

Bank BJB adalah salah satu bank BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Banten memiliki kantor pusat di Bandung. Saat ini menabung di bank BJB menjadi salah salah satu cara terbaik untuk menyimpan uang. Karena menabung di Bank BJB dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sehingga dapat dipastikan aman dan terpercaya.

Dalam upaya memudahkan setiap nasabah untuk menarik uang tabungan yang mereka punya, Bank BJB juga menyediakan fasilitas mesin ATM untuk ktgiatan tarik tunai atau transfer yang tersebar di berbagai wilayah. Dengan hadirnya ATM (Automatic Teller Machine) Bank BJB maka nasabah bisa menarik uang  dengan mudah dan cepat.

Proses penarikannya pun bisa dilakukan kapan saja tanpa harus mengantre di kantor cabang BJB. Yang kamu perlukan hanyalah sebuah kartu ATM dan 6 digit nomor PIN. Lalu, bagaimana cara menarik uang di ATM Bank BJB? Meskipun sudah banyak yang tahu, tetapi tidak sedikit pula orang yang masih kebingungan tentang hal ini.

Pada dasarnya mengambil uang di ATM Bank apapun memiliki cara yang tidak jauh berbeda bahkan bisa dikatajan sama saja. Cara mengambil uang di ATM BJB tidak susah juga tidak membutuhkan waktu lama. Bagi kamu yang belum tahu caranya, mari simak ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 7 Cara Daftar Internet Banking BJB Lengkap

Cara Mengambil Uang di ATM Bank BJB

1. Menemukan ATM Bank BJB

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menemukan mesin ATM tarik tunai Bank BJB terdekat. Kamu dapat mengunjungi kantor pusat maupun cabang BJB yang paling dekat dengan posisimu, biasanya di situ akan ada mesin ATM di sekitarnya.

2. Patikan kamu sudah mematuhi peraturan yang ada sebelum masuk Ke Ruang Mesin ATM

Beberapa aturan yang ada saat akan mengambil uang di ATM adalah sebagai berikut.

  • Tidak boleh mengenakan topi, helm, tregos, topeng
  • Tidak boleh merokok di dalam ruang ATM
  • Tidak boleh membawa benda tajam seperti pisau, palu ,gergaji, dan obeng.
  • Tidak boleh berlama-lama di dalam ruang ATM.

3. Masukkan Kartu ATM BJB Kamu

Setelah kamu menemukan mesin ATM tarik tunai dan masuk dalam ruangan, masukkanlah kartu ATM ke mesin ATM. Pastikan posisi yang kamu masukkan benar yaitu chip kartu ATM berada di atas depan dan magnetik strip berapa di bawah kanan.

4. Pilih Bahasa Indonesia

Kemudian, ATM akan menampilkan 2 pilihan bahasa. Agar lebih mudah dalam memilih menu transaksi, pilihlah bahasa Indonesia.

5. Masukkan 6 Digit PIN ATM

Masukanlah 6 digit PIN ATM kamu. Pastikan PIN yang kamu masukkan benar, karena apabila kamu salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali maka akan menyebabkan kartu ATM kalian terblokir.

6. Pilih Nominal Uang yang Akan Diambil

Selanjutnya, kalian akan langsung dihadapkan dengan nominal uang yang bisa ditarik. Apabila pada daftar tersebut nominal yang kalian inginkan kurang atau lebih, maka kamu bisa menentukan nominal sendiri. Caranya yaitu dengan pilih menu “Jumlah Lainnya“.

Lalu tinggal kalian ketikan nominal uang yang akan ambil.Pada setiap transaksi, mesin ATM BJB hanya mengeluarkan 25 – 30 lembar pecahan uang. Jadi untuk ATM BJB dengan pecahan Rp100.000 maka hanya bisa mengeluarkan uang sebesar Rp2.500.000–Rp3.000.000 per sekali penarikan. Sedangkan untuk ATM BJB pecahan Rp50.000 maka hanya bisa mengeluarkan uang sejumlah Rp. 1.250.000–Rp. 1.500.000 per penarikan.

Lihat Ini Juga: Ini 3 Keuntungan Menabung Di Bank Bjb

7. Pilih Jenis Rekening Anda

Tahap selanjutnya, pilih jenis rekening untuk transaksi kamu. Silahkan pilih “Tabungan” apabila kartu ATM yang digunakan adalah ATM tabungan.

8. Cetak Bukti Transaksi

Next, mesin ATM akan menampilkan pilihan apakah kamu ingin mencetak bukti penarikan atau tidak. Jika kamu ingin mencetak bukti penarikan maka tekan “YA“, dan pilihTidak apabila kalian tidak ingin. Selanjutnya sisa saldo nantinya akan ditampilkan di layar.

9. Ambil Uang dari Mesin ATM BJB

Setelah itu, mesin ATM akan mengeluarkan uang sesuai jumlah yang kamu pilih tadi. Silahkan ambil uang tersebut, dan struk ATM akan keluar dan sisa saldo akan ditampilkan di layar ATM.

10. Ambil Kartu ATM dari Mesin ATM BJB

Setelah mengambil uang, jangan sampai lupa mengambil kartu ATM kalian dari mesin ATM. Caranya yaitu cukup tekan “Tidak jika kalian tidak ingin bertransaksi lagi atau tekan tombol “Cancel“.

Biaya Mengambil Uang di ATM BJB

Bagi nasabah bank BJB yang mengambil uang di ATM BJB maka tidak dikenai biaya/gratis. Sedangkan, bagi nasabah bank lain yang melakukan penarikan tunai di ATM BJB maka akan dikenai biaya sebesar Rp5.000–Rp7.000 per transaksi.

 Tips Agar Aman Mengambil Uang Di Atm

Untuk menjaga keamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan, kamu dapat menerapkan tips-tips yang kami bagikan di bawah ini. Dan apabila kamu baru pertama kali mengambil uang di mesin ATM, maka sangat kami sarankan agar kalian ditemani oleh teman/kerabat yang sudah tahu.

Karena meskipun kamu sudah mengetahui tutorialnya dari internet, namun saat prakteknya terkadang akan merasa gugup yang akhirnya akan mengakibatkanmu salah mencet. Atau mintalah bantuan satpam apabila di sekitar bank/atm ada satpam.

1.         Ambil uang di ATM yang terdapat petugas keamanan

Untuk menghindari berbagai macam tindak kejahatan maka carilah mesin ATM yang terdapat petugas keamanan di sana. Setidaknya, terdapat satu satpam yang bertugas menjaga mesin ATM. Keberadaan petugas keamanan tentu akan meminimalisir adanya orang yang ingin melakukan tindak kejahatan seperti menempelkan skimmer di mesin ATM.

Apabila di sekitarmu tidak ada mesin ATM yang dijaga oleh petugas keamanan, maka carilah ATM yang ramai atau terdapat banyak orang di sana.

2.         Periksa lubang tempat memasukkan kartu ATM, dan pastikan tidak ada yang mencurigakan di mesin ATM

Sebelum memasukkan kartu, periksalah terlebih dahulu apakah ada bekas tempelan, lem, atau hal mencurigakan pada lubang untuk memasukkan kartu. Karena bisa saja orang jahat telah menempelkan alat skimmer. Apabila ada, maka pilihlah ATM yang telah dipasang antiskimmer yang biasanya berwarna hijau atau bening pada lubang ATM.

3.         Tutupi saat memasukkan PIN ATM

Untuk memastikan keamanan PIN kalian, tutupi dengan tangan yang tidak digunakan untuk menekan tombol agar apabila ada kamera, maka tidak dapat mengambil gambar saat kamu memasukkan PIN. Beberapa ATM sudah dilengkapi penutup di samping kiri dan kanan tombol untuk memasukkan PIN, tetapi apabila kamu menjumpai yang belum menerapkannya, maka kamu dapat melindungi diri dengan cara ini.

4.         Pilih ATM yang aman

Bertransaksi di ATM yang letaknya terpencil sangat berbahaya, karena bisa saja kamu menjadi korban perampokan. Karena ATM kurang terkontrol oleh pihak bank akan membuat penjahat leluasa untuk memasang skimmer, kamera pengintai, atau teknologi lain untuk mencuri data.

Maka sebisa mungkin pilihlah untuk bertransaksi di tempat ATM yang ramai, tidak terpencil.

Coba Lihat Ini: 11 Cara Mudah Transfer Dari Bank Bjb Ke Bank BCA

5.         Buat PIN yang tidak mudah ditebak dan jaga kerahasiaannya

Buatlah PIN yang lebih sulit ditebak. Dan jangan memberitahu PIN kepada orang lain, apalagi jika ada orang tak dikenal yang menawarkan bantuan saat kamu mengalami kesulitan di mesin ATM.

6.         Ganti nomor PIN secara berkala

Mungkin kebanyakan orang malas untuk mengubah PIN karena mengubah PIN berarti harus mengingat nomor baru. Tetapi tidak ada salahnya melakukan ini demi keamanan simpanan uang kamu.

  1. Jangan percaya pada orang yang tidak dikenal

Modus baru kejahatan di ATM yaitu berpura-pura menjadi pegawai bank, mereka akan membuat mesin rusak sehingga kartu akan tertelan, kemudian kalian akan diminta menghubungi nomor yang ditempel pada mesin ATM. Kemudian saat kalian lengah, kartu di dalam mesin ATM akan diambil.

Sedangkan untuk PIN, mungkin mereka telah melihat saat kalian bertransaksi lewat kamera yang teolah dipasang di mesin ATM atau mereka akan pura-pura membantu dengan menanyakan nomor PIN ATM kalian. Kami tidak bermaksud menuduh, namun lebih baik jangan terlalu percaya dengan orang yang tidak dikenal.

8.         Hindari bertransaksi sembarangan

Pastikan kalian menggunakan kartu debit hanya di tempat-tempat yang terpercaya. Apabila petugas menggesekkan kartu ATM kalian pada mesin yang tidak resmi, maka segera tanyakan dan berhati-hati, apalagi apabila dilakukan di tempat yang tersembunyi.

9. Periksalah mutasi rekening secara berkala melalui Aplikasi Mobile atau mencetak riwayat transaksi di buku tabungan kamu.

10. Aktifkan SMS Notifikasi agar kamu dapat mengetahui setiap transaksi yang terjadi

11. Ganti kartu kalian menjadi kartu berbasis chip

12. Laporkanlah kepada pihak Bank apabila kalian menemukan ATM dengan indikasi Skimming

Demikianlah cara mengambil uang di ATM BJB dan tips transaksi di ATM aman yang dapat kami sajikan. Jangan lupa untuk menerapkan tips-tips yang telah kami Bahatibooks.com berikan. Terimakasih dan Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar